Belajar dari pengalaman pribadi saya dan cerita dari teman-teman yang katanya batrai laptop yang dia miliki drop dan tahan hanya 10 menit saja padahal laptopnya baru dibeli dan dipakai beberapa bulan. Nah, untuk menanggulangi hal tersebut saya dapat banyak pengetahuan saat saya browsing tentang tips agar baterai laptop tidak cepat rusak, untuk itu maka ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebagai berikut.

1. Baterai pada laptop merupakan komponen yang sangat krusial.kita harus Hati-hati terhadap cara pemakaian baterai notebook/laptop, perlu diketahui bahwa harga baterai original lumayan mahal (berkisar antara 800 ribu sampai 1,5 jt rupiah).Baterai notebook terbuat dari Lithium Ion (Li-ion), dimana penggunaannya tidak boleh sampai habis sekali dan tidak boleh overcharge (bisa mengakibatkan cepat ngedrop selain dapat mengakibatkan laptop jadi overheat).

2. Sebaiknya baterai di-charge jika mendekati 10%-20% dan bila sudah penuh cabut saja kabel adaptor yang terhubung ke notebook.

3. Bila notebook tidak dipakai untuk jangka waktu yang lama maka sebaiknya baterainya dilepas dulu.Namun perlu diperhatikan ada beberapa kasus baterai  yang tidak dipakai sama sekali (karena ingin awet dibiarkan hingga 6 bulan tidak dipakai) malah jadi rusak.

4. Sekedar tambahan info yang saya dapatkan, baterai Lithium Ion adalah liquid tidak seperti lithium polimer (*contoh baterai HP) yang  merupakan baterai kering, sehingga bila tidak dipakai lama,baterai akan menjadi kering/beku. baterai laptop umumnya mempunyai umur pemakaian antara “500 sampai 800 kali charge”. setelah itu baterai sudah tidak layak pakai atau rusak sama sekali.setelah baterai rusak anda dapat menggantinya dengan baterai original atau dengan memakai baterai external untuk laptop.

Just in AdhiForever, Forever For You….Terima kasih, Semoga informasinya bermanfaat…..!

Iklan